Pages

Thursday 10 March 2011

ketemuan dgn teman tandem bikin buku

Sore ini menyenangkan sekali. Supalang ngantor saya meluncur ke Amplaz (Ambarrukmo Plaza), janjian sama teman tandem saya bikin buku Baby Traveler dan Traveling with Kids. Ketemuannya nggak berbarengan sih, tapi dibagi dalam dua sesi mengingat masing-masing punya skedul yang berbeda.

Sesi pertama, ketemuan sama kartunis yang akan bikin komik Baby Traveler. Ini adalah pertemuan kedua kami sejak kami sepakat untuk bikin buku bareng bulan Januari lalu. Berhubung waktu itu saya lagi sibuk ngurusin  lay out buku UKTRIP: Smart & Fun, terpaksalah baru kali ini bisa ketemuan lagi. Tapi sebenarnya, kami tetap kontak-kontakan via e-mail. Dia juga membuat selusin skets karakter tokoh Baby Traveler yang kemudian saya pilih satu yang saya anggap pas. Selain skets karakater, saya juga memintanya untuk membuat komik dari salah satu artikel Baby Traveler yang saya posting di blog.

Nah, pada pertemuan kedua ini, saya sudah siap dengan outline dan beberapa tulisan bagian awal untuk mulai dikerjakan. Kami juga mendiskusikan style komik yang akan ditampilkan, teknik gambar, jenis font yang nanti dipakai, ukuran buku, jumlah halaman, juga mengangankan akan seperti apa sampul depannya nanti. Biar lebih mantab, kami pun pindah lokasi ngobrol dari Dunkin Donut ke Gramedia, biar bisa buka-buka buku komik lain. Jadi berasa studi literatur nih. Hihiii..!

Kelar sesi pertama, lanjut dengan sesi kedua ketemu sama teman tandem bikin buku Traveling with Kids.  Dasar emak-emak ya, kami malah ngobrol ngalor ngidul nyeritain polah anak masing-masing. Hehe..! Tapi sebenarnya kami juga udah mulai ngerjain tulisan kok. Malah, sudah ada blog khusus [little traveler] untuk nge-share tulisan masing-masing. Blog khusus ini sengaja saya bikin mengingat kami akan nulis buku ini bertiga (emak satu lagi tinggal di Bandung), supaya satu sama lain bisa saling kasih masukan. Dan yang lebih penting, untuk saling menyemangati menulis.

Oh ya, beberapa hari sebelumnya, saya juga sudah ketemuan sama teman tandem nulis buku Journey to Nepal. Saya juga sudah memberinya outline buku dan membagi tulisan sesuai dengan interest kami ke Nepal. Saya akan menulis destinasi wisata Nepal secara umum dengan penekanan sisi 'culture' sementara teman saya akan menulis petualangannya saat trekking ke Himalaya lewat jalur Kala Patthar (5.643m).

Petualangannya seru. Sebab ini untuk kali pertama dia ke luar negeri dan langsung naik-naik ke puncak gunung. Tapi sudah pasti dong, segala gunung di Indonesia pernah didakinya. Nah, di buku ini dia juga akan ngasih bocoran gimana cara menyiapkan fisik sebelum mendaki Himalaya dan apa saja peralatan yang kudu dibawa. Hhmm...kira-kira berapa kilo ya, berat ranselnya?

No comments:

Post a Comment